Gerhana Bulan 17 Ogos 2008 bersamaan 15 Syaaban

Assalamualaikum wbt.,

Ummi dapat pesanan dari guru talaqqi Ummi Ustz Zawiah dari Akademi Akrab semasa halaqah Jumaat tengahari semalam, yang mendapat pesanan dari gurunya semasa kelas pembelajarannya pagi itu 11-1 tghari yang mohon di sampai2 kan agar kita pastikan bangun berqiam kerana insyaAllah gerhana bulan akan terjadi kira2 jam 3 pagi waktu Malaysia 17 Ogos 2008 bersamaan 15 Syaaban di mana pada masa itu pintu2 langit terbuka, doa2 kita terus dipanjatkan kepada Rabbul ‘alamin.  Wallahualam.  berikut Ummi dapatkan video simulasi kejadiannya.

Jika peristiwa gerhana matahari pada 1 Ogos 2008 yang baru berlalu kita terlepas maka ini yang jatuhnya pada hari cuti perlulah kita bersedia untuk pastikan dapat bangun dengan berdoa bersungguh2 malam ni lepas baca2 yasin banyak-banyak (sekali pun tak apa, atau surah mana2 pun sempena nisfu syaaban ni – ustazah kata takape jangan difikir2kan ttg bidaah, bidaah hasanah yang baik2 teruskan aje) masa nak tidor agar dibangunkan untuk qiam nanti dan melihat sendiri peristiwa kebesaran Allah itu.

Menurut blogger Indonesia di Karo Cyber Community, saat 17 Ogos 2008 yang jatuh pada hari Minggu, saat Tanah Air Indonesia tepat berusia 63 tahun, pada hari itu akan juga terjadi fenomena alam gerhana bulan.

“Betul, nanti akan mulai gerhana bulan sebagian. Artinya, permukaan bulan tidak gelap total”, ujar Ketua Jogja Astro Club Mutoha ketika dikofirmasi detikcom tentang fenomena alam pada HUT Kemerdekaan RI itu, Rabu (13/8/2008).

Mutoha menjelaskan, tahapan gerhana bermula pada pukul 01.23 WIB, (di Malaysia kita kira-kira jam 3 pagi nanti I.A.) saat bulan memasuki bayangan penumbra (bayangan kabur) dan belum pernah dilihat mata. Posisi bulan pada saat itu berada di langit barat.

Kemudian, lanjut dia, pada pukul 02.36 WIB sampai 05.45 WIB, bulan masuk bayangan umbra (bayangan inti yang berada di bagian tengah, sangat gelap).

“Saat bayangan bulan masuk umbra, bisa dilihat dengan mata telanjang,” jelas Koordinator Lembaga Ru’yatul Hilal Indonesia ini.

Kerana pada hari itu sepatutnya bulan berbentuk purnama, dengan adanya gerhana sebagian, maka bentuknya seperti bulan sabit. Maklum, sebagian permukaan bulan tertutup bayangan bumi, atau kata orang zaman dulu, sebagian bulan ‘dimakan’ Buta Kala.

“Nggak sabit banget sih. Lingkaran bulan sama lingkaran umbra, diameternya besar lingkaran umbra. Agak seperti kapal. Hanya sisi bagian utara cukup terang. Sebelah selatan mungkin 80 persen tertutup, masuk ke bayangan umbra. Harusnya itu bulan purnama,” papar Mutoha.

Setelah bayangan umbra dilewati, imbuhnya, proses gerhana berakhir pada pukul 05.45 WIB, karena langit sudah terang. “Kontak terakhir pukul 06.54 WIB. Bulan sudah tenggelam,” tutur anggota Badan Hisab Ru’yat ini.

Satu lagi maklumat yang baik mengenai gerhana bulan ini Ummi dapatkan dari laman sahabat maya dari Indonesia juga iaitu di catatan seorang muslim.  Ummi copy paste juga di sini selain pautan yang disediakan ke situ. 

 

Setelah gerhana matahari pada tanggal 1 Agustus 2008, maka di bulan yang sama (Agustus) terjadi gerhana yang kedua. Gerhana Bulan insya Allah akan terjadi besok tanggal 17 Agustus 2008 (di Indonesia). Wahh asyik juga .. malam 17-an, tirakat sambil nonton Gerhana Bulan.

 

Secara global gerhana bulan terjadi pada tanggal 16-17 di seluruh belahan dunia. Gerhana ini hanya sebagian (bukan Gerhana Bulan Total), namun mendalam dan sangat berarti. Dapat disaksikan dari seluruh bagian dunia, kecuali Amerika Utara.

JIka Gerhana Matahari hanya dapat dilihat secara langsung oleh sebagian kecil manusia, gerhana bulan dapat disaksikan oleh siapapun yg ingin melihatnya. Peta berikut memperlihatkan bagian/ daerah mana di dunia yang akan dilewati gerhana, serta ketika bulan terbit atau tenggelam selama fase-fase gerhana. Hanya Amerika Utara saja yg tak terkena gerhana. Berikut peta bumi yang akan dilewati oleh Gerhana Bulan ini,

.

Bulan memasuki “penumbra” bayangan bumi saat 18:23 Universal Time (UT) atau 01:23 wib (tengah malam). Ketika semakin banyak bagian rembulan masuk ke bayangan bumi (penumbra), maka terjadinya gerhana akan terlihat.

Bulan akan masuk ke bayangan gelap (umbra) saat 19:36 UT (02:36 wib), gerhana bulan sebagian pun mulai. Puncak gerhana terjadi 94 menit kemudian, pukul 21:10 UT (04:10 wib). Pada saat ini 81% bulatan rembulan berada di dalam umbra. Kemudian pelan-pelan rembulan meninggalkan umbra. Umbra lepas pukul 04:45 wib setelah lebih dari 3 jam sejak dimulainya gerhana. Bulan meninggalkan fase penumbra saat 06:57 wib. Sudah pagi dan di sebagian kawasan di tanah air, bulan sudah tenggelam.

Menurut ramalan astronomi, dalam waktu dekat tak ada gerhana bulan, sampai Desember 2010.  Wallahu a’lam.

Tinggalkan Jawapan

Masukkan butiran anda dibawah atau klik ikon untuk log masuk akaun:

WordPress.com Logo

Anda sedang menulis komen melalui akaun WordPress.com anda. Log Out / Tukar )

Twitter picture

Anda sedang menulis komen melalui akaun Twitter anda. Log Out / Tukar )

Facebook photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Facebook anda. Log Out / Tukar )

Google+ photo

Anda sedang menulis komen melalui akaun Google+ anda. Log Out / Tukar )

Connecting to %s


%d bloggers like this: